UD. LISAN ABADI "SEDIA BAHAN BAKU PAKAN TERNAK ==== PAKAN SAPI, TELUR ORGANIK======PAKAN JADI AYAM PETELUR,"

Senin, 26 Oktober 2009

AMPAS TEBU UNTUK PAKAN TERNAK

FERMENTASI AMPAS TEBU UNTUK PAKAN TERNAK, Mengingat banyaknya penjual es tebu segar diberbagi tempat, maka sangat sayang apabila limbah ampasnya dibuang begitu saja. Meskipun ada juga beberapa orang yang memanfaatkannya untuk bahan bakar didapur alias untuk kayu bakar. Sebenarnya kalau kita mau repot sedikit saja maka ampas tebu sangat cocok untuk digunakan makanan ternak.
Pakan ternak dengan menggunakan bahan ampas tebu sebenarnya kwalitasnya tidak kalah dengan pakan yang ada umumnya.

Saat ini belum banyak peternak menggunakan ampas tebu tersebut untuk bahan pakan ternak, hal ini mungkin karena ampas tebu mentiliki serat kasar dengan kandungan lignin sangat tinggi ( 19.7%) dengan kadar protein kasar rendah (28%). namun limbah ini sangat potensi scbagai bahan pakan ternak. Melalui fermentasi menggunakan probiotik, kualitas dan tingkat kecernaan ampas tebu akan diperbaiki sehingga dapat digunakan sebagai bahan pakan. Tahapan fermentasi ampas tebu sama dengan fermentasi jerami. namun perlu ditambahkan beberapa bahan unutuk melengkapi kebutuhan mineral yang diperlukan dalam bahan pakan tersebut.
Cara fermentasi pada ampas tebu :
Lathan dan dosis yang perlu dicampurkan untuk fermentasi ampas tebu antara lain : Setiap 10 ton ampas tebu. Diperlukan 10 kg probiotik Starbio ,a 10 kg pupuk Urea, 2 kg pupuk TSP atau SP36, 2 kg pupuk ZA
Seperti halnya pada jerami padi. Urea diperlukan untuk meningkatkan katkan kadar  protein ampas tebu Starbio dengan kandungan mikrobanya diperlukan untuk mengurai lignin dan selulosa serat kasar schingga memiliki kecernaan yang memenuhi syarat untuk ternak. Pupuk TSP atau SP36 sebagai sumber phosphor.Pupuk ZA sebagai sumber Sulfur.
Nitrogen diperlukan untuk menstimulir mikroba pengurai pada starbio sehingga menjadi lebih aktif.





1 komentar :

Anonim mengatakan...

Your blog keeps getting better and better! Your older articles are not as good as newer ones you have a lot more creativity and originality now keep it up!