UD. LISAN ABADI "SEDIA BAHAN BAKU PAKAN TERNAK ==== PAKAN SAPI, TELUR ORGANIK======PAKAN JADI AYAM PETELUR,"

Selasa, 03 November 2009

MENGAPA CANGKANG TELUR TIPIS

Pada telur yang memiliki kerabang yang tipis atau tanpa kerabang di bagian luar selaput telur akan sangat peka terhadap kerusakan. Telur ini jika ditempatkan pada cahaya akan terlihat terang (dilakukan saat candling).
Timbulnya kasus ini cukup bervariasi dari 0,5 - 6%. Hal ini muncul terutama pada ayam di awal-awal dewasa kelamin. Beberapa ayam akan terus bertelur dengan bentuk telur yang seperti tersebut diatas.


Telur cacat

Telur cacat dikelompokkan dalam 2 grup yaitu kerusakan pada kerabang dan kerusakan bagian dalam (internal). Kerabang yang rusak sering dijumpai pada saat grading telur. Penyebab dan cara mengatasi kerusakan bagian dalam telur ada pada tabel dibawah ini.

Penyebab
Kontrol
Kelenjar kerabang yang belum matang
Terlambatnya dewasa kelamin 1 - 2 minggu dengan melakukan control feeding selama periode grower
Kelenjar kerabang yang cacat
Culling terhadap ayam yang menghasilkan telur tersebut

Gangguan yang menyebabkan telur dikeluarkan sebelum proses kalsifikasi pada kerabang telur sempurna
Mengurangi aktifitas yang menimbulkan gangguan disekitar ayam.
Meningkatkan keamanan untuk mencegah masuknya ayam lain atau hewan lain
masuk ke dalam kandang

Kurangnya nutrisi
Pastikan bahwa asupan nutrisi cukup (terutama kalsium dan vitamin D3).
Mencampur pakan harus dilakukan secara tepat sehingga dapat tercampur
rata. Terutama juga perlu dicek saat sistem feeding otomatis digunakan.

Air minum bergaram
Jangan gunakan air minum yang mengandung garam hingga tingkat yang dapat menjadikan masalah.
Penyakit, seperti : IB dan eggdrop syndrome
Ikuti program vaksin yang dianjurkan.

Timbulnya kerusakan kerabang telur biasanya dari telur yang diproduksi dibawah kondisi manajemen yang bagus. Kemungkinan penyebab terjadinya kerusakan telur dan kontrol terhadap pengumpulan telur sesuai ukuran akan diuraikan dibawah. Untuk menangani permasalahan yang ada kaitannya dengan kualitas telur, perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Bagaimana tingkat permasalahan di dalam farm, menentukan secara akurat kejadian atau menyampaikan masalah yang ada. Hitung semua telur yang bermasalah, baik itu saat dikumpulkan atau saat di grading.
  2. Tentukan umur flock yang mempunyai dampak utama terhadap kerusakan telur secara internal atau eksternal.
  3. Perkirakan efisiensi grading, jika terlalu banyak telur kualitasnya rendah yang akan dipacking untuk dijual, masalahnya mungkin kesalahan saat grading atau candling telur atau penanganan yang tidak baik (kasar). Faktor yang mempengaruhi efisiensi grading-candling diantaranya :
    • Candling yang cepat. semakin lama waktu candling yang dibutuhkan operator candling semakin menurun (sebagai contoh: dari 0,6 detik tiap telur menjadi 0,2 detik).
    • Telur yang kualitasnya buruk masuk ke bagian grading . Sebaiknya pisahkan telur yang kualitasnya buruk sebelum grading untuk membantu mengurangi beban kerja operator candling.
    • Operator. Kemampuan dan pengalaman operator adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi efisiensi. Operator harus bisa menghentikan ketika sudah melebihi kapasitas dan jangan bekerja di candling dalam waktu yang lama tanpa istirahat.
Jika mengikuti langkah-langkah tersebut, masalah kualitas telur dapat diatasi sehingga akan diketahui faktor penyebab dan dapat mengatasi solusi akan hal tersebut.
Sumber: www.thepoultrysite.com

Tidak ada komentar :