Sabtu, 29 Januari 2011

PAKAN ORGANIK UNTUK LELE


Pakan Lele Organik, Dikembangkan

Kediri, kstv.co.id – Pakan ikan lele organik yang dikembangkan peternak ikan lele di Kabupaten Kediri, membuka peluang baru bagi peternak ikan lele, setelah naiknya harga pakan sejak sepekan terakhir. Sehingga adanya pakan organik ini peternak ikan lele dapat menekan biaya untuk keperluan pakan hingga 50 persen.
Naiknya pakan ikan lele akibat dampak dari kenaikan Tarif Dasar Listrik / TDL, tidak berimbas bagi para peternak ikan lele di Desa Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, setelah berhasil membuat pakan ikan lele organik yang berbahan dari limbah kotoran sapi. Saat ini pakan ikan lele yang berupa pellet, dipasaran mengalami kenaikan dari harga 6.000 rupiah per kilogram menjadi 8.000 rupiah per kilogram. Jika dibandingkan dengan harga pakan lele organik yang berbentuk cairan jauh lebih murah 2.000 rupiah per liter.

Untuk menghasilkan 1 ton ikan lele siap konsumsi, jika menggunakan pakan pellet menghabiskan pakan 1 ton, sedangkan apabila menggunakan pakan organik hanya membutuhkan 2.300 liter. Sementara bobot dalam 1 kilogram ikan lele yang diberi pakan pelet berjumlah antara 8 hingga 9 ekor, sedangkan yang diberi pakan organik 7 hingga 8 ekor. Saat ini harga ikan lele di pasaran mencapai 14.000 rupiah per kilogram.
Untuk menghasilkan pakan lele organik ini, peternak hanya mengumpulkan limbah kotoran sapi ke dalam bak yang dicampur air beserta enzim bakteri silanace untuk mempercepat proses penguraian kotoran sapi. Selang lima hari kemudian, dengan proses aerasi, kotoran sapi yang telah berbentuk cairan siap diberikan ke ikan lele dengan cara disiramkan.(and/hyd)

4 komentar:

konco ngaji jps mengatakan...

mas anang, bagaimana proses mengelola pakannya?
Bisa gak ilmunya dishare, atau bagaiman cara kita bisa memperoleh panduannya. Kalau perlu datang ke kediri minta diajari.

Anonim mengatakan...

betul mas, bagaimana kalau ilmunya di share?

mustofa mengatakan...

halo master2 budidaya lele organik
ada yang tau alamat / no telp petani lele organik daerah kediri (desa wates) atau di jepara ?
penting gan..ane mo ikutan budidaya lele

kalo ada yg tau mohon hubungi
mustofa : 081325069027

LELASURAMADU LOVES CATFISH mengatakan...

pakan organik sendiri masih belum setenar pakan pelet pabrik