UD. LISAN ABADI "SEDIA BAHAN BAKU PAKAN TERNAK ==== PAKAN SAPI, TELUR ORGANIK======PAKAN JADI AYAM PETELUR,"

Selasa, 13 September 2011

MUSIM KEMARAU TERNAK TANGERANG PUASA RUMPUT

Musim Kemarau Tiba, Ternak di Tangerang 'Puasa' Makan Rumput

Selasa, 13 September 2011 11:44 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG - Peternak di Kabupaten Tangerang, Banten, mengungkapkan dampak musim kemarau berakibat pada kesulitan mendapatkan rumput bagi produksi ternak.
"Karena, cuaca panas menyebabkan rumput untuk makan ternak sulit diperoleh," kata Kepala Bidang Pengembangan Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tangerang, Mawardi Nasution, saat dihubungi Antara, Selasa (13/9).
Pakan ternak yang sulit diperoleh petani akibat kekeringan tersebut seperti rumput ilalang, rumput gajah maupun jerami. Oleh karena itu, Distanak Kabupaten Tangerang sudah membentuk tim pendataan kelompok ternak dan jumlah populasi ternak.
"Di kabupaten Tangerang terdapat banyak sekali kelompok ternak tradisional maupun modern,'' katanya. ''Maka, perlu kita lakukan pendataan untuk membantu mengatasi kekeringan saat ini.''
Nantinya tim tersebut akan melakukan sosialisasi tata cara penyimpanan pakan ternak dan penggunaan konsentrat. Khusus untuk populasi ternak sapi, sosialisasi difokuskan pada kelompok ternak yang berada di wilayah Kecamatan Teluknaga, Legok, Jambe, Cisoka, Solear, Gunung Kaler, Panongan dan lainnya.
"Meski beberapa wilayah sudah mengalami dampak kekeringan, namun sifatnya belum menyeluruh. Sehingga, masih ada rumput yang didapatkan," katanya.

Tidak ada komentar :